Cara Kerja Search Engine (Google)


Cara Kerja Search Engine (Google)

Google seperti Search Engine yang lain, menggunakan software otomatis untuk membaca, menganalisa, membandingkan dan mengurutkan halaman website anda. Hal ini berarti bahwa unsur-unsur visual dari website seperti layout, warna, animasi, flash, visualisasi yang sederhana dan grafik lainnya akan diabaikan. Search Engine Google adalah seperti orang buta yang membaca buku dengan menggunakan huruf Braille. Berikut ini pemikiran pokok yang harus anda ketahui tentang Search Engine Google:

Jadi, apa yang dimaksud dengan ranking?
Jika kita mengetik contoh “ebook” ke dalam kotak pencarian di Google, maka kita akan mendapatkan tampilan daftar (default: 10 listing per halaman) yang Google anggap paling relevan, kemudian akan difilter sesuai dengan relativitas keinginannya. Website yang paling relevan dan paling penting akan ditampilkan dalam daftar secara descending (mulai dari paling relevan hingga tidak begitu relevan). Untuk Google, relevansi halaman web tergantung pada seberapa baik halamannya pada kata atau phrase pencarian.
Arti penting pada sisi lain yaitu bergantung pada kualitas dan kuantitas (jumlah) link yang menunjukkan ke halaman website anda dari halaman website lain. Jika website anda tidak tampil pada top 30 itu karena trafik Google atau Search Engine sangat cepat berubah, atau hal ini disebabkan oleh jarangnya orang mencari halaman website tersebut.

Kapan Google datang mengunjungi website Kita?
Untuk masuk dalam daftar indeks Database Google, maka Google akan mengunjungi websie anda dengan menggunakan:
- Robot
- Spider
Kedua program ini akan membaca setiap halaman melalui halaman utama dan diikuti dengan memasuki setiap link ke semua halaman website kita. Google tidak akan menambahkan halaman web kita ke dalam indeks databasenya kecuali jika ada minimal satu halaman web lain dalam indeks tersebut yang mempunyai link ke satu halaman lainnya. Jadi jangan pernah memasukkan website kita secara langsung ke Google.
Atur terlebih dahulu setiap link halaman web kita sebelum di masukkan ke Google.  Dahulu Google mempunyai 2 tipe Crowl (penjelajah website), yaitu:

  • Deep Crawl atau Main Crawl

Tipe ini mempunyai kebiasaan menjelajah setiap halaman website tiap mendekati akhir bulan.

  • Fresh Crawl

Tipe ini mempunyai kebiasaan menjelajah beberapa kali setiap minggu (setiap hari untuk beberapa website), tetapi pada halaman tertentu saja.

Semakin popular website kita, semakin sering Google mengunjungi website tersebut. kita dapat menentukan kapan website kita terakhir dikunjungi oleh Google dengan melihat tanggal yang tampil pada baris paling bawah di listing hasil halaman pencarian Google.

  • Deep/Main Crawl & Google Dance

Deep/Main Crawl adalah kebiasaan yang dilakukan oleh spider utama yang disebut Googlebot. Google akan memperbaharui indeks utama sebulan sekali setelah Deep/Main Crawl mengunjungi semua website secara lengkap (Google sekarang cenderung menemani semua perubahan lebih lanjut walaupun pembaharuan bulanan masih terjadi dari waktu ke waktu).
Hal ini merupakan kritik pada website kita yang berjalan ketika Google mengunjunginya. Jika website kita di bawah, maka listing di Google, kemungkinan menghilang yang akan tampil pada update berikutnya. Google akan berpikir bahwa website kita tidak lagi ada dan kemungkinan dibuang dari indeks dalam database Google.
Proses ini umumnya dimulai minggu terakhir dari tiap bulan dan akan berlanjut sampai minggu tertentu. Indeks akan diperbaharui biasanya didasarkan pada isi website yang mereka punyai disimpan dalam database di awal bulan untuk website kita, oleh karena itu maka perhitungan ranking akan dilakukan berulang kali untuk masing-masing halaman dari setiap website. Karena banyaknya halaman indeks website yang ter-indeks oleh Google, perhitungan ini membutuhkan waktu hingga beberapa minggu.
Selama periode ini, pencarian ranking dapat berubah, bahkan perubahan sampai pada tiap menit. Fluktuasi bulanan ini dimasukkan ke dalam Google Dance. Anda dapat melihat versi dari indeks server yang berbeda pada TOP TEN Data Center utama Google dengan menggunakan tool Google Dance yang dapat di download di sini

  • Fresh Crawl

Fresh Crawl dilakukan oleh spider Google yang berbeda yang disebut dengan nama Freshbot. Dilakukan beberapa kali dalam seminggu tapi hanya beberapa halaman saja yang akan dikunjungi. Freshbot akan melihat halaman baru dan untuk halaman yang dalam waktu dekat terakhir di-update oleh Administrator website tersebut. Halaman baru segera dimasukkan ke dalam hasil pencarian, walaupun sebenarnya halaman baru ini belum terindeks di database utama Google, melainkan tersimpan dalam indeks sementara yang akan diatur kemudian. Oleh karena itu halaman ini tidak mempunyai urutan yang akurat sampai Main Crawl pada website tersebut. Proses ini disebabkan karena halaman web baru tersebut akan dibandingkan lagi dengan halaman web secara keseluruhan pada indeks utama. Jika kita tertarik, kita dapat memeriksa file log server anda untuk useragent Googlebot.

Bagaimana Google menggolongkan website?
Google menggunakan suatu alat canggih dan algoritma kepemilikan untuk mengatur rangking website yang menggunakan lebih dari 100 kriteria yang berbeda dalam perhitungan, masing-masing pertimbangan berubah setiap saat. Karena algoritma yang berubah-ubah maka dibutuhkan tehnik tertentu yang akan digunakan untuk bekerja dengan baik dari waktu ke waktu. Hal ini sangat penting untuk diingat ketika anda menginginkan website yang kita buat tidak diubah kedudukan (ranking)nya dengan alasan apapun. Untuk alasan ini, pengoptimalan website kita tidak dilakukan sekali saja. Anda harus selalu mencoba, mengkaji dan memperbaiki website yang kita buat. Sebenarnya, algoritma Google dapat dikelompokkan menjadi 2 faktor utama, yaitu:

  • Faktor Keyword (Textual)

Adalah seberapa baik website kita dioptimalkan untuk memilih keyword (bagaimana, dimana dan kapan keyword tersebut digunakan). Pada pertengahan Nopember 2003, Google telah memperkenalkan suatu algoritma utama yang bekerja selama perubahan yang disebut Florida Update yang akan mengganti urutan website di dalam database Google. Jika terdapat kata kunci yang sama pada link dari salah satu halaman website. Faktor keyword ini menentukan keterkaitan atau relevansi suatu halaman web.

  • Faktor Link (PageRank)

Hal ini meliputi kualitas dan kuantitas dari suatu link pada website lain yang menunjuk ke lokasi kita. Faktor link ini menentukan pentingnya suatu halaman web yang nantinya akan dihubungkan ke PageRank (PR) Google. Google akan mencari halaman dalam indeksnya yang merupakan relevansi dan arti penting suatu pencarian ke dalam suatu istilah atau ungkapan tertentu, kemudian diurutkan ke dalam listing pada database Google secara descending dalam halaman hasil pencarian.

  • Faktor keyword dan relevansi halaman website

Keyword atau kata kunci dihubungkan dengan kata atau ungkapan yang dimasukkan ke dalam Search Engine untuk mencari informasi tertentu. Meskipun kita kadang memasukkan 2 sampai 5 atau bahkan lebih ungkapan/kata kedalam teks box pencarian Google itu tidak menjadi masalah karena Google akan mengindeks semua halaman web yang terdapat dalam indeks dan daftar halaman yang berisi kata atau ungkapan yang dicari tersebut. Keyword ini akan menjabarkan tema suatu website. Seberapa baik anda menentukan tema dari website anda dan seberapa baik anda mengoptimalkan penggunaan keyword yang akan sangat mempengaruhi rangking website kita di Google.
Secara rinci, Google akan memperhatikan jika ada teks dari link website lain menunjuk/mengarah ke website kita, judul, isi dari link halaman website tersebut yang juga berisi keyword kita.

  • Faktor Link (PageRank) & keutamaan halaman web

Keutamaan halaman web adalah semua tentang link, kualitas, kuantitas, dan kekuatan. PageRank juga disebut sebagai RP Google. Ketika marketer internet berbicara tentang cara untuk mengoptimalkan suatu website untuk Search Engine, mereka umumnya membicarakan tentang aspek peningkatan website tersebut yang akan meningkatkan relevansi halaman website. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena faktor kualitas dari website tersebut juga patut menjadi perhitungan.
Google akan mencari link yang akan ditunjuk ke halaman website kita dari website lain. Google mempercayai bahwa kalau ada link dari website A ke website B adalah vote yang penting dari website B. Dimana hal ini akan menolong setiap halaman di website anda mempunyai nilai PR (PageRank). Pada umumnya nilai PR ini selalu paling tinggi untuk halaman web Home yang banyak dikunjungi para netter sebelum mereka masuk ke sub halaman website kita (melalui link tentunya).
Semakin banyak website lain yang mempunyai link ke website kita (relasi), maka semakin penting dan semakin sering kunjungan Google dan semakin tinggi juga nilai PR kita. Lebih dari itu, kualitas dan kuantitas dari suatu link juga dipertimbangkan mengingat tidak semua link akan bernilai sama. Pelihara ingatan anda tentang PageRank, karena faktor tunggal ini digunakan untuk penyusunan urutan website dalam database Google (Ranking).
Yang perlu kita ingat, PageRank bukan faktor utama di dalam keyword yang digunakan di website kita. Nilai PageRank akan aktif setelah membandingkan halaman pada website di dalam indeks Google vs halaman web yang lain (lebih dari 3,3 Milyar halaman web).

Top 5 dalam pencarian Google
Walaupun Google melihat dari 100 kategori yang berbeda untuk mengurutkan website, disini ada 5 aspek yang sangat berpengaruh dan harus dimengerti secara serius tentang top ranking adalah:

  • Keyword digunakan di dalam judul halaman web anda (letaknya diantara tag  <TITLE>).
  • Keyword digunakan di dalam heading (H1) dan di paragraf pertama halaman website kita.
  • Keyword digunakan di dalam teks link, keduanya di website anda dan di website lain.
  • Nilai PageRank dari halaman websitekita, tergantung banyaknya link menuju ke website kita dari website lain.
  • Halaman yang berisi lebih dari 200 kata dari teks yang relevan (semakin banyak semakin baik)

Untuk meletakkan event yang lebih sederhana dalam masalah penempatan ranking tinggi di Google, maka kita membutuhkan pengoptimalan website anda dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang paling baik. Hal ini bisa didapat dengan cara mengambil beberapa website penting dan relevan ke link website anda, dan anda bisa mengganti teks berisi link dengan keyword yang paling baik.

disarikan dari  http://www.geocities.com/andrew.sinco/

, , , , , , , ,

  1. #1 by Irwan M Santika on June 26, 2009 - 5:10 pm

    Salam kenal, semoga bisa menjadi sahabat.
    Terima kasih atas artikel nya, ini sangat mebantu saya.
    jika berkenan melakukan kunjungan dan komentar balik.

  2. #2 by Irwan M Santika on June 26, 2009 - 5:10 pm

    Salam kenal, semoga bisa menjadi sahabat.
    Terima kasih atas artikel nya, ini sangat mebantu saya.
    jika berkenan melakukan kunjungan dan komentar balik

  3. #3 by jazilun on January 19, 2010 - 5:40 pm

    sama2… :)

  4. #4 by Creative Teacher Corner on March 17, 2010 - 9:32 am

    saya adalah orang yang awam, teruslah berkarya mas..Kayak nya gogle itu bermain fair. Seandainya saja manusia bisa se fair itu maka amanlah dunia ini he he he

    Kalau sempat berselancarlah di
    http://www.baliteacher.blogspot.com

    dan berikan saran atas tampilannya
    Maklumlah blog gratisan

  5. #5 by Creative Teacher Corner on March 17, 2010 - 9:35 am

    Good articles, teruslah berkarya
    Kalau sempat berselancarlah di
    web saya.
    dan berikan saran atas tampilannya
    Maklumlah blog gratisan

  6. #6 by ivanz on May 3, 2010 - 10:03 pm

    siiippp bos

  7. #7 by leoarjuna on August 13, 2010 - 1:28 am

    apakah dengan robot.txt juga mempengaruhi hasil crawl search engine,karena juga dengan kesalahan robot.txt juga akan mempengaruhinya

  8. #8 by neo on November 9, 2010 - 10:12 am

    Good Information, keep the good post…

  9. #9 by cuisinart gr4 on November 30, 2010 - 5:02 pm

    Artikel yang sangat bagus. Sekedar tambahan, pada h1 di setiap halaman web/blog kita, kita tuliskan primary keyword yang kita targetkan di tambahkan dengan kata-kata lain. Contoh: kalau primary keyword kita “Asus t101mt” maka di H1 kita tuliskan ‘Asus T101MT High Technology” (sebagai contoh). kemudian di H2 kita tuliskan secondary keyword kita secara utuh tanpa digabungkan dengan kata lain, misalkan secondary keyword kita “Asus Eee T101mt”, maka di h2 kita tuliskan secara utuh tanp[a tambahan kata-kata yang lain. semoga bermanfaat.

  10. #10 by Pendatang Baru on March 13, 2011 - 12:07 am

    Woowww Luar biasa. Terima kasih ilmunya. Kunjungi balik blog saya Ya…

(will not be published)

Comments links could be nofollow free.


Improve the web with Nofollow Reciprocity.